E-Document (Electronic Document)

E-Document (Electronic Document) adalah suatu konten elektronik yang berupa program atau file komputer yang membutuhkan media elektronik atau teknologi elektronik display untuk bisa menggunakan, membaca atau melihatnya.

Terciptanya suatu E-Dokument tidak terlalu rumit, dokument asli, kertas atau hard document dijadikan file komputer dengan cara scanning kemudian data ini dipilih mana yang penting atau kurang penting klasifikasi ini disebut sistem verification, selanjutnya dilakukan proses index, yaitu pengelompokan daftar isi yang bertujuan untuk memudahkan pencarian data. Dalam indexing dilakukan kategorisasi berupa tipe dokument, tanggal, nama pembuat serta kata kunci. Sistem indexing bisa dilakukan dengan metode manual atau otomatis.

Adapun kelebihan E-Dokument dibandingkan dokument biasa adalah : Paperless (ramah lingkungan) E-Dokument tidak menggunakan kertas dengan demikian penghematan kertas terjadi yang mana kertas juga berasal dari sumber daya alam. Penghematan waktu dengan adanya E-Dokument untuk mencari suatu informasi yang ada dalam sebuah dokument bisa lebih cepat. E-Dokument lebih mudah disebarkan atau dibagikan. Selain itu E-Dokument lebih aman disimpan dengan menggunakan metode elektronik signature.

 

Source

About Nobel kurniadi

hello i'm nobel who are you?

Posted on March 13, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. bang artikel nya bagus, boleh tau dapat sumber drmn?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: